Selasa, 23 April 2013

hubungan E-Commerce terhadap supply chain management



1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management?
Jawab:
Yang dimaksud dengan rantai supply adalah arus material, informasi, uang dan jasa dari bahan mentah oleh pemasok melalui pabrik dan gudang sampai kepada konsumen. E-supply chain adalah rantai suplai yang dimanage secara elektronik, biasanya dengan menggunakan teknologi web. Suuply chain yang digunakan pada E-commerce terbagi menjadi tiga yaitu:
a.       Upstream supply chain
b.      Internal supply chain
     c.       Downstream supply chain
Manajemen supply chain digunakan dalam E-commerce untuk untuk mengkoordinasikan beberapa rekan bisnis, beberapa departemen internal perusahaan, beberapa proses bisnis, dan banyaknya pelanggan. Memanage rantai suplai dari medium menjadi besar secara manual hampir mustahil untuk dilakukan. Kebutuhan utama untuk perusahaan medium ke besar adalah berpindah kepada EC sebuah integrasi antara web dan solusi ERP/MRP/SCM.
Manajemen supply chain adalah penggabungan dari teknologi untuk meningkatkan operasi dari kegiatan rantai suplai sebaik manajemen rantai suplai. Keberhasilan e-supply chain tergantung pada:
    1.   Kemampuan semua rekan rantai suplai untuk menunjukkan kolaborasi sebagai asset strategis.
2. Visibilitas informasi diantara keseluruhan rantai suplai.
3. Layanan kecepatan, biaya, dan konsumen.
4. Mengintegrasikan rantai suplai dengan lebih ketat.
Hubungan E-Commerce dengan SCM adalah, EC ( e- Commerce ) digunakan sebagai teknologi yang menyediakan solusi didalam rangkaian persediaan. Berikut ini adalah daftar solusi yang representatif dari E-Commerce
  • Pemesanan dapat dilakukan di internet,Edi,EDI/internet,atau extranet.
  • Pemenuhan pesanan dapat dilakukan secara instant jika produknya dapat digitalisasikan ( software)
  • Pembayaran secara elektronik dapat mempercepat baik pemenuhan pesanan dan periode pembayaran
  • Perdagangan kolaboratif didalam para bagian rangkaian persediaan dapat dilakukan di berbagai tempat, berkisar dari desain produk untuk peramnalan permintaan.
  • Inventori dapat diminimalkan dengan memperkenalkan proses produksi berdasar permintaan sebaik menyediakan informasi yang cepat dan akurat kepada para supplier.
2.  Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja  karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan
Jawab :
  • e-commerce dapat mengurangi siklus waktu. Karena dengan menggunakan e-commerce, perdagangan dapat berlangsung selama 24 jam dan juga tidak terbatas oleh wilayah. Sehingga perdagangan melalui e-commerce dapat terjadi tanpa harus bertatap muka antara penjual dan pembeli.
  • e-commerce meningkatkan kinerja karyawan maksudnya adalah dengan melaukan perdagangan melaui online, karyawan dituntut untuk lebih memiliki kreatifitas dan daya tangkap yang cepat, sehingga karyawan dapat melaksanakan pekerjaannya dengan cepat, lebih mudah dan lebih efisien. Hal ini dilakukan karena, dari tiap department diberikan wewenang unutk mengambil keputusan yang berhubungan dengan masalah yang menyangkut departemen tersebut. Namun kendali tetap berdada pada manajer puncak
  • memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan, adalah melalui e-commerce pelanggan yang mendapat fasilitas yang memungkinkan mereka melakukan pembelian ranpa batas waktu dan jarak. Dan pelanggan juga dapat menerima fasilitas-fasilitas pendukung lain yang diperlukan seperti informasi produk, keluahan terhadap produk dan layanan yang diberikan.
3.  Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan  keterbatasan masing-masing!
Jawab:
A. Marketplaces
Marketplaces adalah tempat di mana transaksi perdagangan dengan sejumlah uang atau pertukaran antara penjual dan pembeli atas barang dan jasa terjadi. Proses transaksi perdagangan terjadi secara langsung (face to face) dan komunikasi juga dilakukan secara langsung (2 arah).
Kelebihan:
  • Pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.
  • Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam melakukan transaksi.
  • Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang berlangsung.
  • Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.
Kelemahan:
  • Memakan cukup banyak waktu, biaya dan tempat. Dengan kata lain tidak efisien.
  • Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.
B. Marketspace
marketplaces yang dilakukan melalui media elektronik di mana terjadi perubahan dalam beberapa proses dalam perdagangan dan rantai persediaan baik transaksi, pertukaran informasi, maupun pembayarannya.



Kelebihan:
  • Efisien dan fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung. Atau dengan kata lain penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja, kapan saja.
  • Berazaskan kepercayaan yang tinggi.
  • Produk yang dibeli merupakan barang atau jasa dengan standar kualitas yang terbaik.
  • Kaya akan informasi
  • Mengurangi biaya perolehan atas suatu informasi yang berharga.

Selasa, 02 April 2013

Tugas Pengantar Intelegensi Buatan

Nama : Anita Azis
Nim   : 1111051
Kelas : A

1.frame

2.script
           

contoh script “Ujian Akhir”
Jalur (track) : ujian tertulis matakuliah Kecerdasan Buatan
Role (peran) : mahasiswa, pengawas
Prop (pendukung) : lembar soal, lembar jawab, presensi, pena, dll
Kondisi input : mahasiswa terdaftar untuk mengikuti ujian
Adegan (scene) -1 : Persiapan pengawas
• Pengawas menyiapkan lembar soal
• Pengawas menyiapkan lembar jawab
• Pengawas menyiapkan lembar presensi

Adegan-2 : Mahasiswa masuk ruangan
• Pengawas mempersilahkan mahasiswa masuk
• Pengawas membagikan lembar soal
• Pengawas membagikan lembar jawab
• Pengawas memimpin doa

Adegan – 3 : Mahasiswa mengerjakan soal ujian
• Mahasiswa menuliskan identitas di lembar jawab
• Mahasiswa menandatangai lembar jawab
• Mahasiswa mengerjakan soal
• Mahasiswa mengecek jawaban

Adegan – 4 : Mahasiswa telah selesai ujian
• Pengawas mempersilahkan mahasiswa keluar ruangan
• Mahasiswa mengumpulkan kembali lembar jawab
• Mahasiswa keluar ruangan

Adegan – 5 : Mahasiswa mengemasi lembar jawab
• Pengawas mengurutkan lembar jawab
• Pengawas mengecek lembar jawab dan presensi
• Pengawas meninggalkan ruangan

Hasil :
• Mahasiswa merasa senang dan lega
• Mahasiswa merasa kecewa
• Mahasiswa pusing
• Mahasiswa memaki – maki
• Mahasiswa sangat bersyukur